Contoh RPP
Tematik Kelas 1 Semester 1 Tema diri sendiri
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
(R
P P TEMATIK)
Kelas : I (satu)
Semester : I (satu)
Tema : Diri Sendiri
Waktu :
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
(IPA) - Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
- Mengidentifikasi
benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
(IPS) - Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga dan kerabat.
(MTK) - Membilang
banyak benda.
- Menentukan
waktu pagi, siang, malam hari dan jam (bulat).
(BI) - Membedakan
bunyi bahasa.
- Memperkenalkan
diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun.
- Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
- Menjiplak
berbagai bentuk gambar.
(PKn) - Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
(PJOK) - Mempraktekkan gerak
dasar jalan, lari
dan lompat dalam permainan
sederhana, serta nilai sportifitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya
diri.
Indikator :
(IPA) - Menyebutkan
nama bagian-bagian tubuh.
- Menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh.
- Menyebutkan
anggota gerak tubuh.
- Memasangkan
benda sesuai dengan pasangannya.
(IPS) - Menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilan.
- Menyebutkan
nama ayah, ibu, saudara dan wali.
- Menyebutkan
alamat, tempat tinggal.
- Menyebutkan
anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah.
(MTK) - Membilang
atau menghitung secara urut.
- Menyebutkan
banyak benda.
- Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit atau sama
banyak.
- Menceritakan
pengalaman saat pagi, siang, atau malam hari.
- Menyebutkan
perbedaan antara pagi dan malam hari.
(BI) - Membedakan
berbagai bunyi/suara tertentu secara tepat.
- Menirukan
bunyi/suara tertentu seperti suara burung, ombak, kendaraan, dll.
- Mengenal
bunyi bahasa.
- Membedakan
bunyi bahasa.
- Melafalkan
bunyi bahasa secara tepat.
- Menyebutkan
data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) dengan kalimat
sederhana.
- Menyebutkan
nama orang tua dan saudara kandung.
- Menanyakan
data diri dan nama orang tua serta saudara teman sekelas.
- Mengenali
huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana.
- Membaca
nyaring satu paragraf dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Membaca
teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
- Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
(PKn) - Menyebutkan
berdasarkan jenis kelamin anggota keluarga.
- Menyebutkan
agama-agama yang ada di Indonesia.
(PJOK) - Menerapkan
konsep arah dalam berjalan, berlari dan melompat.
- Berjalan
dengan berbagai pola langkah dan kecepatan.
- Berlari
dengan berbagai pola langkah dan kecepatan.
- Melompat
ke berbagai arah.
A. Tujuan Pembelajaran :
(IPA) - Siswa dapat mengenal bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya.
(IPS) - Siswa dapat mengidentifikasi identitas
diri, keluarga dan kerabat.
(MTK) - Siswa dapat membilang banyak benda.
(BI) - Siswa dapat membedakan bunyi bahasa.
(PKn) - Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis
kelamin, agama dan suku bangsa.
(PJOK) - Siswa dapat mempraktekkan gerak dasar
jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana serta nilai sportifitas,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
B. Materi Pembelajaran :
(IPA) - Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
(IPS) - Identitas diri, keluarga dan kerabat.
(MTK) - Berbagai macam benda.
(BI) - Bunyi bahasa.
(PKn) - Perbedaan jenis kelamin, agama dan suku
bangsa.
(PJOK) - Materi gerak dasar jalan, lari dan lompat.
C. Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Pemberian contoh
- Penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal :
Berdoa
Apersepsi
- Guru mengajak siswa
untuk bernyanyi lagu “Dua mata Saya”.
- Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa tentang apa guna mata.
Kegiatan Inti :
- Guru menggunakan alat
peraga tubuh manusia untuk menjelaskan bagian-bagian tubuh manusia.
- Siswa diminta
menyebutkan beberapa bagian tubuh.
- Guru menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh.
- Guru menjelaskan tentang
anggota gerak tubuh.
- Siswa diminta memasangkan
benda sesuai dengan pasangannya.
- Siswa diminta
menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan di depan kelas.
- Guru memberi tugas di
buku tugas untuk mengisi identitas diri keluarga dan kerabat (nama ayah, ibu,
saudara dan wali serta alamat, tempat tinggal).
- Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa tentang anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah.
- Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa tentang cara membilang atau menghitung secara urut bilangan
cacah.
- Siswa diminta menghitung
secara urut bilangan yang ditulis guru di papan tulis.
- Siswa menyebutkan banyak
benda.
- Guru memberi contoh cara
membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak, lebih sedikit
atau sama banyak, guru memberi soal lalu siswa mengerjakan soal.
- Siswa diminta
menceritakan pengalaman saat pagi atau malam hari.
- Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa tentang perbedaan antara pagi dan malam hari.
- Dengan bimbingan guru,
siswa membedakan berbagai bunyi/suara secara tepat.
- Siswa menirukan
bunyi/suara tertentu seperti suara burung, ombak, kendaraan, dll.
- Guru menjelaskan tentang
bunyi bahasa.
- Siswa diminta membedakan
bunyi bahasa.
- Siswa diminta melafalkan
bunyi bahasa secara tepat.
- Dengan bimbingan guru,
siswa diminta mengisi data diri (nama, kelas, sekolah, tempat tinggal, nama
orang tua dan saudara sekandung) dengan kalimat sederhana.
- Guru memberi tugas pada
siswa menanyakan data diri dan nama orang tua serta saudara teman sekelas.
- Guru mengenalkan pada
anak huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana.
- Siswa diminta membaca
nyaring satu paragraf dengan lafal dan intonasi yang tepat di depan kelas.
- Siswa diminta membaca
teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar di depan kelas.
- Siswa diberi tugas
menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf di buku tugas.
- Siswa menyebutkan
berdasarkan jenis kelamin anggota keluarganya.
- Siswa menyebutkan
agama-agama yang ada di Indonesia.
- Guru menerapkan konsep
arah dalam berjalan, berlari dan melompat.
- Guru membimbing siswa
untuk melakukan kegiatan :
- Berjalan dengan berbagai
pola langkah-langkah dan kecepatan.
- Berlari dengan berbagai
pola langkah dan kecepatan.
- Melompat ke berbagai
arah.
Kegiatan Akhir :
- Guru memberikan tugas
pada siswa untuk membiasakan diri melakukan kegiatan di rumah, kegiatan sebelum
berangkat sekolah, berpamitan dengan orang tua dan kegiatan disaat sekolah.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Paket, Silabus, SK
dan KD.
F. Penilaian
a. Teknik : Lisan dan Tertulis
b. Prosedur : Tes awal, Tes proses dan Tes akhir
c. Bentuk : Uraian
d. Instrumen :
0 Response to "Contoh RPP Tematik Kelas 1 Semester 1 Tema diri sendiri"